Severn Suzuki, pejuang lingkungan yang membungkam dunia !

Posted on
Severn Suzuki, pejuang lingkungan yang membungkam dunia ! Artikel ini telah dibaca 1466 kali.

Seorang anak perempuan bernama Severn Suzuki, 9 tahun, bersama dengan teman-temannya yang tergabung dalam ECO, berjuang untuk masa depannya. Dia berpidato pada Konferensi Lingkungan dan Pembangunan PBB di Rio de Janeiro pada tahun 1992.

Severn suzuki

Severn Suzuki berpidato untuk anak-anak yang kelaparan, hewan-hewan yang punah karena hilangnya habitat mereka, dan lapisan ozon yang semakin tipis, udara yang kotor, sampah plastik bertumpukan dimana-mana, sungai yang tercemar limbah beracun sehingga ikan-ikan mati dan terkena kanker, serta penebangan hutan yang tidak terkontrol.

Meski Severn Suzuki berpidato pada tahun 1992 lalu dan sekarang ia sudah menikah dan punya anak, namun saat it pidatonya sungguh tajam menyentuh. Ia berhasil membungkam peserta konferensi selama 6 menit pidatonya!

Severn menerima gelar Bachelor of Science in Ecology and Evolutionary Biology dari Yale University, dan Masters of Science in Ethnoecology dari University of Victoria, British Columbia. Ia juga telah melakukan speaking tours di Jepang bersama Namakemono Club, dan telah menerbitkan beberapa buku, diantaranya Tell the World (1993), The Day You Will Change the World (2003), dan sebagai editor Notes from Canada’s Young Activists (2007).

 
Severn Suzuki2
severn suzuki3

Selain itu ia juga pendiri Skyfish Project, sebuah badan berbasis internet yang mendorong para anak dan remaja untuk berani berbicara tentang masa depan mereka agar bisa memiliki kehidupan yang lebih baik. Pada tahun 2000 ia dan lima temannya membawa Powershift melintasi Kanada untuk berkampanye tentang peningkatan kepedulian pada masalah perubahan iklim dan polusi udara.
Saat ini Severn tinggal di Pacific Westcoast bersama suami dan seorang anaknya.

Simak video berikut ini saat Severn berpidato di depan Konferensi Lingkungan dan Pembangunan PBB di Rio de Janeiro tahun 1992.

Gravatar Image
Dosso Sang Isahi adalah seorang guru Biologi. Ia telah non aktif dari bidang pendidikan, dan saat ini aktif menekuni bidang networking dan marketing online. Karena cintanya di bidang Biologi, di sela kesibukannya ia masih menyempatkan diri mengelola web Pelajaran Biologi (http://biologimediacentre.com/) dan Praktikum Biologi (http://praktikumbiologi.com/) Saat ini tinggal di Sidoarjo - Jawa Timur beserta keluarga kecilnya.