Sparky, Robot Telepresence Mandiri

Posted on
Artikel ini telah dibaca 1221 kali.

Kemajuan teknologi saat ini telah memungkinkan pembuatan robot untuk media komunikasi. Selain mampu menampilkan video pembicara, robot ini mampu melakukan mobilisasi berkeliling dari satu lawan bicara ke orang yang lain dalam satu ruangan. Hebatnya lagi , pengedalian bisa dilakukan melalui internet, sehingga proses komunikasi bahkan bisa dilakukan antar benua.

sparky

Sparky pertama kali dikembangkan pada tahun 1996 sebagai alternatif solusi mobile untuk ruangan, dan sejak itu telah terus dimodifikasi dan ditingkatkan. Versi awal Sparky menggunakan dua set transmisi video bertenaga rendah (mirip dengan monitor bayi) dan radio kontrol mainan pesawat. iSparky versi robot telah memanfaatkan teknologi kemajuan internet dan nirkabel untuk mengaktifkan kontrol robot ini dari belahan manapun di dunia, sehingga memungkinkan Sparky menjadi realtime telepresence mandiri.

Istilah “Telepresence Mandiri” diciptakan untuk menggambarkan kombinasi Sparky sebagai alat komunikasi video conference dan mobilitas nirkabel. Sparky mampu menciptakan interaksi dalam dua cara yang berbeda. Pertama, bentuk dan manfaatnya unik, sehingga mampu menarik orang untuk menggunakannya.  Kedua, akses jarak jauh melalui Internet memungkinkan interaksi dengan orang yang tidak mampu hadir secara fisik.

Penerapan untuk home schooling

Dengan berbagai kelebihannya sebagai robot komunikasi yang interaktif, Sparky bisa digunakan sebagai sarana belajar jarak jauh (home schooling). Dengan penerapan ini anak tidak perlu keluar rumah, namun tetap bisa berinteraksi secara realtime dengan sang guru.

Rencana ini masih sebatas wacana. Andaikan pun bisa diterapkan, mungkin masih ada banyak kendala yang belum terpikir sebelumnya, misalnya tentang masalah belajar bersosialisasi, tentang etika sosial, atau kendala edukatif lainnya.

Bagaimana menurut pendapat Anda?

Banyak siswa mencari ini :

Gravatar Image
Dosso Sang Isahi adalah seorang guru Biologi. Ia telah non aktif dari bidang pendidikan, dan saat ini aktif menekuni bidang networking dan marketing online. Karena cintanya di bidang Biologi, di sela kesibukannya ia masih menyempatkan diri mengelola web Pelajaran Biologi (http://biologimediacentre.com/) dan Praktikum Biologi (http://praktikumbiologi.com/) Saat ini tinggal di Sidoarjo - Jawa Timur beserta keluarga kecilnya.